Gempa Tuban Bergetar Sampai Jateng - Yogyakarta, Ini Daerah-Daerah yang Terasa

Data BMKG Gempa di Tuban.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / BMKG

Viva SemarangGempa bumi terjadi di Tuban Jawa Timur pada Jumat (22/3/24) siang. Sejumlah daerah merasakan gempa yang cukup kuat, terutama di pantura Jawa Timur seperti Tuban, Gresik dan Surabaya.

Dukung Jawa Tengah sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional, BI Jateng Gelar Forum PUSAKA Jateng

Tak hanya Jawa Timur, gempa berkekuatan Magnitudo itu juga terasa hingga Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan data BMKG yang dikirimkan Stasiun Geofisika Banjarnegara, sejumlah daerah dilaporkan dirasakan dengan skala yang berbeda, diukur berdasarkan Modified Mercalli Intensity atau MMI. Semakin besar angka MMI, berarto semakin besar getaran yang dirasakan.

Kota Semarang Kendalikan Angka Inflasi di Bulan Juni

Di Tuban gempa terasa pada skala IV-V MMI. Di Bawean III - IV MMI. Kemudian di daerah Jawa Timur lainnya yaitu Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Pacitan, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, dan Malang terasa pada skala II - III MMI.

Gempa juga terasa hingga ke Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan skala II - III MMI. Yaitu di Jepara, Kudus, Blora, Pekalongan Semarang, an Yogyakarta.

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Seperti diberitakan, gempa bumi dengan Magnitudo cukup besar terjadi pada hari Jumat (22/3/24).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 6,1 Magnitudo terjadi pada pukul 11.22.45 WIB. Pusat gempa berada di titik 5.74 LS,112.32 BT, berada di 132 KM timur laut Tuban Jawa Timur, berada di kedalaman 10 kilometer. 

Halaman Selanjutnya
img_title