Presiden Joko Widodo Cek Penanganan Banjir di Demak, Instruksikan Pemompaan Agar Cepat Surut

Presiden Jokowi kunjungi pengungsi banjir di Demak.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / istimewa

Viva Semarang – Presiden RI Joko Widodo hari ini, Jumat (22/3/24) meninjau banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Ia menyampaikan, pengerjaan tanggul yang jebol dilakukan selama empat hari berturut-turut, siang dan malam. Hasilnya, tanggul sepanjang 16 meter yang jebol sudah bisa tertutup. 

Harganas ke-31 Bakal Digelar Di Semarang Pekan Ini, Dihadiri Jokowi

Ia juga berharap Teknologi Modifikasi Cuaca di Semarang dan Demak bisa mengurangi hujan sehingga upaya penanggulangan banjir di Demak bisa maksimal. 

“Kita harapkan, awan di atas juga telah dilakukan TMC, sehingga bisa digeser ke arah laut. Ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” kata Jokowi

Antisipasi Banjir, Pemkot Semarang Rutin Bersihkan Saluran dan Sungai

Saat Jokowi mengecek banjir di wilayah Kecamatan Gajah dan Bintoro Demak, kondisi banjir sudah menyurut. Ketinggian genangan yang semula mencapai 200 cm, saat ini menyisakan 50 cm. 

Meski sudah surut, Jokowi menilai, kondisinya masih menghambat aktivitas warga. Maka, pihaknya menginstruksikan dilakukan pemompaan.

Jembatan Nogososro Dibangun Mulai Pekan Depan, Atasi Banjir di Wilayah Tlogosari dan Muktiharjo

“Tadi mendapatkan laporan, hampir semuanya sudah setengah meter, 50 sentimeter. Tapi, apapun itu, tetap mengganggu aktivitas warga, sehingga nanti akan dilakukan pemompaan-pemompaan,” jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, banjir besar melanda wilayah Kabupaten Demak selama lebih dari sepekan. Banjir kemudian meluas setelah tanggul Sungai Wulan jebol untuk yang kedua kalinya dalam kurun waktu 1,5 bulan. 

Halaman Selanjutnya
img_title