Tanjakannya Ngeri, Ini Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik di Jalan Tol Semarang

Kemacetan di tol Semarang Jatingaleh - Tembalang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Pengendara yang akan melakukan perjalanan mudik ke Kota Semarang maupun yang ke arah Solo harus tahu titik rawan macet yang ada di jalur ini. Perlu persiapan memilih jalan alternatif agar tidak terjebak macet berjam-jam.

Penampakan Pajero Hancur Lebur dan Terbelah Setelah Nabrak Truk Tronton di Tol Semarang-Batang

Dari pengalaman arus mudik tahun-tahun sebelumnya, ruas tol Semarang ABC di Jatingaleh hingga Tembalang, menjadi titik paling rawan macet. Antrean kendaraan bahkan bisa mencapai berkilo-kilometer. Dan ini hampir selalu terjadi pada setiap musim arus mudik Lebaran maupun Nataru.

Mengapa itu bisa terjadi?

Pajero Tabrak Hantam Truk Dari Belakang di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Tewas

Senior Manager Tol Semarang ABC, Faried mengatakan, ruas Tol Semarang ABC ini termasuk jalur kunci karena menjadi jalur tol dalam kota yang mengantarkan dari GT Kalikangkung ke GT Banyumanik dan sebaliknya.

"Semarang ABC ini tugasnya mengantarkan dari Kalikangkung ke Banyumanik dan dari Banyumanik ke Kalikangkung. Jadi tugasnya simpel pak," jelasnya kepada Viva, Rabu (27/3/24).

Ambulance PKS Tabrak Truk di Jalan Tol Semarang-Batang, 1 Meninggal

Nah, yang jadi perhatian dari jalur tol Jatingaleh - Tembalang ini, lanjutnya, adalah lintasan di tol yang berupa tanjakan dan turunan panjang antara Jatingaleh  - Jangli - Tembalang.

"Karena memang kondisi di Semarang ABC antara Jangli-Tembalang itu konturnya tanjakannya tinggi, lebih dari 4 persen," ungkap Faried.

Halaman Selanjutnya
img_title