Gelombang Pemudik Mulai Masuk Jateng, Skenario Buka Tutup di Exit Tol Pejagan

Pemprov Jateng dqn Kepolisian cek posko mudik di Brebes.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang, Brebes – Pintu Tol Pejagan merupakan salah satu titik rawan yang diantisipasi. Penyebabnya, pemudik yang keluar di daerah tersebut sebagian besar tujuan Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan sekitarnya.

Realisasi Program Tuku Lemah Oleh Omah Jateng Capai 1.790 Unit

Gelombang pemudik dari Jabotabek maupun Jawa Barat diprediksi mulai masuk Jawa Tengah pada Jumat, 5 April 2024 sore. Petugas kepolisian mulai menyiapkan skenario mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik di Exit Tol Pejagan Brebes.

Kapolres Brebes, AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan, pada Jumat sekitar pukul 11.00 WIB hari ini, pemudik dari Jabotabek sudah masuk Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), sehingga Jumat siang atau sore gelombang pemudik sudah masuk Brebes Jateng.

Sekda Jateng: Peran Keluarga Krusial dalam Meningkatkan Literasi Digital

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Exit Tol Pejagan, kata dia, pihaknya sudah koordinasi dengan Ditlantas Polda Jateng. Apabila di daerah Kecamatan Larangan, Songgom, dan Margasari terjadi kepadatan dan kemacetan lalu lintas, maka akan diarahkan masuk Slawi Kabupaten Tegal.

"Nanti dari Slawi dibuang ke Balapulang kemudian diarahkan Ajibarang tidak ada masalah. Nanti kami dorong semua satu arah,  nanti malam kita juga akan lakukan rekayasa lalu lntas satu arah di beberapa jalur arah Slawi dan sekitarnya," jelas Guntur.

Senangnya 32 Ribu Pekerja Pabrik Rokok di Kudus Dapat BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Tengah, Sumarno mengatakan, beberapa skenario telah disiapkan Polres Brebes untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di Exit Tol Pejagan.

"Kalau di exit Tol Pejagan terjadi penumpukan kendaraan, jelasnya, maka akan ditutup dahulu kemudian dilepas ke arah Slawi atau Pemalang," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title