Banjir Rob Kaligawe, Pemkot Semarang Kerahkan Belasan Pompa Air

Jalan Kaligawe Semarang Masih Digenangi air setinggi 25 Cm
Sumber :

Semarang – Penanganan banjir di Jalan Raya Kaligawe terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Upaya percepatan penanganan salah satunya dengan memaksimalkan fungsi pompa, baik yang portable maupun permanen.

Sekarang Saatnya Melihat Dieng Tertutup Es, Jangan Sampai Momen Terlewat

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suwarto mengatakan, upaya penanganan penarikan genangan air telah dimaksimalkan menggunakan pompa. Namun karena tingginya debit air di sungai Tenggang menyebabkan upaya berjalan kurang  maksimal.

" Sudah ada penurunan, tetapi tidak signifikan dikarenakan Kali Tenggang masih tinggi dan melimpas," ujar Suwarto, pada Minggu (7/4/2024).

Antisipasi Banjir, Pemkot Semarang Rutin Bersihkan Saluran dan Sungai

Dikatakan lebih lanjut oleh Suwarto, tertahannya air tak bisa mengalir ke laut lantaran sedang terjadi pasang air laut. Menurutnya, informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan banjir rob sedang terjadi pesisir utara Jawa Tengah.

" Ada edaran yang kami dapatkan dari BMKG bahwa air muka laut sedang naik, jadi waspada banjir rob," imbuh Suwarto

Jembatan Nogososro Dibangun Mulai Pekan Depan, Atasi Banjir di Wilayah Tlogosari dan Muktiharjo

Meski demikian upaya pengoptimalan pompa terus dilakukan. Ia menyebut, kondisi itu dapat dilihat di tikungan dan bawah Jembatan Tol Kaligawe yang telah kering.

" Di tikungan dan bawah Jembatan Tol Kaligawe sudah kering, tetapi kami masih standby," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title