Borobudur Gemerlap Lampion Pada Malam Perayaan Waisak 2024

Ratusan lampion di Borobudur saat Waisak 2024.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Viva Semarang – Ratusan lampion menghiasi langit di atas Candi Borobudur Magelang pada malam puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024, Kamis malam. Ribuan umat Buddha bersama para Bhikkhu melantunkan puja puji doa pada perayaan tersebut.

Pemprov Jateng Gelar Borobudur Indonesia Expo 2024, Ditarget Nilai Transaksi Rp1 Miliar

Meski gerimis sempat menyirami lokasi perayaan di Lapangan Lapangan Marga Utama Candi Borobudur, hal itu tidak mengurangi ketenangan dan kekhidmatan.

Perayaan Waisak di Candi Borobudur kemudian menjadi meriah dan indah saat ratusan lampion terbang ke udara menghiasi langit di atas candi Budha terbesar di dunia ini. Ratusan lampion dari kertas ini terus mengudara beberapa lama dan akan terurai oleh api seiring tingginya lampion terbang.

Long Weekend Libur Waisak, KAI 4 Daop Semarang Sediakan 83 Ribu Tiket

Suasana haru bercampur bahagia pun terpancar di wajah peserta yang datang dari berbagai daerah. Mereka antusias mengikuti prosesi malam puncak perayaan Waisak tersebut.

Prosesi pelepasan lampion ini dimulai tepat pukul 21.00 WIB hingga 22.30 WIB. 

Meriahkan Festival Lampion Waisak 2024, Sekda Jateng: Ini Toleransi dan Kerukunan Antarumat Beragama

“Setiap tahunnya, pelepasan lampion sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, mancanegara, baik umat Buddhis yang melakukan ritual maupun turis yang hadir ke Candi Borobudur,” kata Fatmawati, Koordinator Lampion Waisak Nasional 2024, dilansir dari laman Kementerian Agama RI.

Sementara itu, Ketua Umum DPP WALUBI yang juga Ketua Panitia Waisak Nasional 2024, Hartati Murdaya mengatakan, lampion punya makna mendalam dalam perayaan Waisak.

Halaman Selanjutnya
img_title