Pemprov Jateng Dukung Penuh Upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Sekda Jateng saat acara Indonesia's FoLU Net Sink 2030 Jawa.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung berbagai upaya penurunan emisi gas rumah kaca. Salah satunya diwujudkan dalam ikut andil pada agenda Sosialisasi Forestry and other Land Use (FoLU) Net Sink tahun 2030. 

Nana Sudjana Berkomitmen Selesaikan Dampak Krisis Iklim di Jateng

Agenda itu merupakan strategi Indonesia dalam menurunkan emisi gas rumah kaca untuk pengendalian perubahan iklim. Kegiatan ini digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Kami sangat menyambut baik adanya FoLU 2030. Karena berbicara penanganan lingkungan, kita sudah bergerak sejak dahulu dalam mengatasi kerusakan lingkungan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Sumarno saat membuka Sosialisasi Sub Nasional Indonesia's FoLU Net Sink 2030 Region Pulau Jawa di Provinsi Jateng, di Hotel Tentrem Semarang, Rabu, 29 Mei 2024.

Asik!, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dapat Spesial Untung 4 Kali Lipat

Ia akan berkolaborasi dengan stakeholder terkait untuk sosialisasi dengan berbagai pendekatan. Diantaranya melalui pendekatan agama dan kearifan lokal, sehingga targetnya bisa tercapai. 

Jawa Tengah dengan kepadatan dan karakteristik penduduknya yang beragam, diperlukan kearifan lokal dan pendekatan keagamaan agar strategi penurunan emisi GRK dapat dipahami masyarakat.

Berbagai Kegiatan Meriahkan Harganas 2024, Hadirkan 10 ribu Peserta dari Seluruh Indonesia

"Sosialisasi sudah kita lakukan. Kami sangat berterimakasih karena adanya program nasional FOLU ini, maka kolaborasi lebih kuat lagi," katanya.

Staf Ahli Menteri LHK, Tasdiyanto menyebut Pulau Jawa memiliki spesifikasi lingkungan hidup yang berbeda, karena dipengaruhi kepadatan penduduk. Aktivitas penduduk itu pada akhirnya berkontribusi pada penimbulan emisi yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
img_title