Intervensi Serentak Cegah Stunting di Jateng Sudah Capai 1,4 Juta Orang

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana Pencegahan Tengkes Stunting
Sumber :

Viva Semarang – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, capaian intervensi serentak pencegahan stunting di wilayahnya sudah mencapai 1.428.700 orang balita atau sekitar 65,93%. Pada akhir Juni 2024 ditargetkan bisa mencapai 90%. 

Kota Semarang Satu-satunya di Indonesia yang Raih Penghargaan Penanganan Stunting dari PBB

“Hasil pengukuran dan intervensi serentak sudah sebanyak 1.428.700 balita dari total 2.166.092 balita," kata Nana usai mengikuti rakor evaluasi intervensi serentak pencegahan tengkes secara daring dari kantornya pada Jumat, 21 Juni 2024.

Intervensi serentak pada Juni ini dilakukan melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, intervensi bagi seluruh ibu hamil, bayi di bawah lima tahun (Balita), dan calon pengantin secara berkelanjutan.

Nana Sudjana Berkomitmen Selesaikan Dampak Krisis Iklim di Jateng

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara berkolaborasi dengan BKKBN Jateng. “Kami selama ini juga sudah membentuk tim kelompok kerja percepatan penanganan tengkes, langsung di bawah Sekda Jateng dan Kepala Dinas Kesehatan, serta diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," jelas Nana.

Sejauh ini ada tiga daerah di Jawa Tengah yang pengukurannya sudah mencapai lebih dari 60%, meliputi  Banyumas, Rembang dan Kota Tegal. 

Asik!, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dapat Spesial Untung 4 Kali Lipat

Nana menegaskan, sisa waktu yang ada pada Juni ini akan digunakan untuk menggenjot percepatan program tersebut. Pemprov Jateng bersama BKKBN, dibantu dengan TNI-Polri akan berkolaborasi untuk mencapai target dari pemerintah pusat.

Bahkan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga akan digerakkan untuk membantu kepala desa dalam melaksanakan langkah percepatan penanganan tengkes ini. Mereka juga akan  bekerja sama dengan Puskesmas di masing-masing kecamatan.

Halaman Selanjutnya
img_title