Menteri Perdagangan Lepas Ekspor Alas Kaki Ke Eropa, Bukti Kualitas Produk Indonesia Diakui Dunia

Mendag RI Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Alas Kaki Ke Eropa
Sumber :

SalatigaMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor produk alas kaki ke Uni Eropa dan Amerika Serikat yang di produksi oleh salah satu pabrik di Salatiga Jawa Tengah. Ekspor 32.000 alas kaki ke.eropa dan AS ini memiliki nilai Rp 6,5 miliar.

Jateng Terbitkan Pergub Pencegahan dan Penanganan TPPO

Disampaikan oleh Mendag, pemerintah terus mendukung usaha dan industri dalam negeri untuk meningkatkan volume ekspor. Selama 4 tahun terakhir, nilai ekspor Indonesia juga terus meningkat.

" Ekspor kita terus surplus selama 50 bulan berturut-turut. Meskipun sempat mengalami penurunan secara nilai, namun volumenya tetap stabil. Penurunan nilai ini karena adanya penurunan harga beberapa komoditi ekspor,” ujar Zulhas, Jumat (26/7/2024).

Dilatih Eks Pemain PSIS, Jawa Tengah Dihajar Sumatera Utara 2-0 di PON Aceh 2024

Dikatakan juga oleh Zulhas, saat ini Pemerintah juga terus mendorong adanya industri padat karya sehingga dapat mengurangi pengangguran dan menambah lapangan kerja.

" Di Salatiga ada PT Selalu Cinta Indonesia (SCI) yang mempunyai tenaga kerja hingga 20.000 karyawan. Ini sangat baik, apalagi orientasi produksi ekspor ini harus ditingkatkan sehingga positif bagi masyarakat dan industri," imbuhnya.

Kodam IV Diponegoro Kolaborasi BKKBN Turunkan Stunting Di Jawa Tengah

Sementara itu disinggung mengenai Satgas khusus menangani impor, Zulhas mewanti wanti agar tidak ada lagi yang bermain dengan impor ilegal.

" Untuk ekspor Kami juga melakukan diplomasi dan menyelesaikan perjanjian yang ada sehingga tak ada hambatan. Sementara untuk untuk barang import ilegal ini jangan main main. Kita akan tindak,"tutupnya.