Khasiat Daun Jambu Untuk Diare, Cara Mengolahnya Gampang

Ilustrasi daun jambu biji.
Sumber :
  • Pexels

Viva SemarangDiare adalah penyakit yang umum. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Diare menyebabkan BAB menjadi encer dan cair, serta membuat perut sakit melilit. Orang yang mengalami diare akan merasa lemas karena banyak cairan terbuang. 

Mbak Ita Resmikan Co-working Space BRIN, Tempat Bagi Para Peneliti dan Periset Kota Semarang

Diare umumnya timbul karena mengkomsumsi makanan atau minuman yang tidak higienis.

Nah, meski diare bisa sembuh tanpa pengobatan, tapi butuh proses yang bagi bagi sebagian orang cukup lama. Apalagi perut sakit dan badan lemas jelas tidak nyaman. Maka, ada beberapa cara yang bisa meringankan dan meredakan diare. Satu diantaranya adalah cara herbal dengan mengonsumsi daun jambu biji. 

Pemancing Tenggelam di Sungai Waluh Pemalang, Tim SAR Temukan Tak Jauh dari Lokasi

Dokter herbal medik, dr. Dian Elco Nora, M.Si Herb, dalam sebuah tayangan di TVONE menjelaskan, bahwa daun jambu biji sudah terbukti secara empiris berkhasiat mengatasi masalah diare. 

“Jadi sudah empiris dari jaman nenek moyang kita sudah dibuktikan kalau diare bisa reda pakai jambu biji. Bisa buahnya dicampur dengan daunnya dijus bisa juga diseduh,” jelasnya. 

Sekda Jateng Ajak Masyarakat Jadikan Harkitnas Momentum Peningkatan Teknologi Informasi

Dian mengungkapkan, ada kandungan flavonoid, tanin, dan kaloid dalam daun jambu biji sehingga dapat memperbaiki pergerakan usus yang terlalu cepat, yang menyebabkan diare. 

"Dengan begitu, konsistensi tinja yang cair ketika diare bisa menjadi padat,” ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title