Musim Hujan di Depan Mata, DPU Kota Semarang Keruk Endapan Lumpur Sungai

Pengerukan sedimen di Sungai Sringin Semarang
Sumber :

Viva Semarang – Bersiap menghadapi musim hujan, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan percepatan pengerukan sedimentasi endapan lumpur di Anak Kali Sringin, di Kecamatan Genuk, guna mencegah banjir di daerah tersebut. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengurangi risiko genangan air, terutama di wilayah Genuk Sari dan sekitarnya.

Polsek Genuk Berhasil Gagalkan Aksi Tawuran Dan Pesta Miras

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Timur Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Endri Dwi Purwanto, menjelaskan bahwa anak Kali Sringin yang dimaksud memiliki panjang sekitar 2,9 kilometer dengan lebar bervariasi antara 6 hingga 12 meter. Sedimen dan enceng gondok yang menumpuk di saluran ini menjadi salah satu penyebab genangan pada musim hujan tahun lalu. 

 

Salurkan BLT DBHCHT, Mbak Ita Harap Bisa Tingkatkan Kesejahteraan

“Mulai dari bulan Maret hingga sekarang sudah berlangsung sekitar 6 bulan, ini progresnya sudah hampir 100%. Kurang sekitar 100 meter mungkin dalam minggu ini selesai,” ujar Endri saat dihubungi melalui telepon, Senin (9/9).

 

Matematika Yang Asik Dan Menyenangkan Penting Bagi Pembelajaran

Selain pengerukan, DPU juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dan pemangku wilayah, seperti Camat Genuk dan Babinsa, untuk memperkuat tanggul di beberapa titik rawan longsor menggunakan cerucuk bambu. Hal ini dilakukan untuk memastikan sedimen tidak kembali menumpuk, serta menjaga aliran air tetap optimal. Termasuk koordinasi antara pemangku wilayah dan warga, terutama terkait izin penggunaan lahan pribadi untuk akses alat berat.

 

Halaman Selanjutnya
img_title