Ratusan Mahasiwa dan Dosen UI Turun ke Jalan Dukung Kemerdekaan Palestina

Aksi mahasiswa UI dukung kemerdekaan Palestina.
Sumber :
  • Viva.co.id

Viva Semarang, Depok – Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi mendukung kemerdekaan Palestina, Sabtu 4 Mei 2024. Mereka dari berbagai lokasi dan berkumpul di Rotunda UI, Depok Jawa Barat.

Pemprov Jateng Kirim Empat Pelajar untuk Calon Paskibraka Nasional

Aksi gabungan mahasiswa dan dosen itu adalah gerakan global solidaritas UI untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Mereka melakukan orasi membacakan puisi yang isinya tentang perjuangan rakyat Palestina menghadapi zionis Israel. Mereka juga menggelar tenda berwarna merah

Melansir Viva, Ketua Salam UI, Dhani Widianto mengatakan aksi yang dilakukan adalah sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina. Penderitaan rakyat Palestina sudah lama terjadi dan sudah sepatutnya untuk dibela.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip Semarang, Dari Fakultas Apa?

"Ini aksi kemanusiaan, kita sebagai umat manusia perlu membela hak hidup bebas dari penjajahan,” katanya, Jumat, 3 April 2024.

Ia menambahkan, dengan adanya titik kait yang sama sebagai manusia maka penjajahan yang terjadi di Palestina harus dihentikan. Indonesia diminta menjadi bagian untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Mahasiswanya Ikut Ferienjob 2023 di Jerman, UNNES Semarang Buka Suara

"Kita harus terus memberi dukungan dan mengawal pemerintah agar konsisten dan jangan sampai berbelok. Karena sesuai amanat konstitusi kita bahwa pemerintah Indonesia menjunjung tinggi perdamaian,” tegasnya.

Aksi yang dilakukan UI untuk mendukung Palestina ini adalah yang pertama kali dilakukan. Harapannya gerakan ini bisa menjadi pemicu gerakan yang sama di universitas lain.

Halaman Selanjutnya
img_title