Longsoran di Rel Kereta Api Banyumas Teratasi, Jalur Kereta Kembali Normal

Petugas saat membersihkan longsoran di rel Karanggandul.
Sumber :
  • Dok KAI

Semarang – Timbunan material longsor yang menutup jalur rel kereta api di petak Karanggandul Banyumas bisa ditangani. Pada Selasa (5/12/23) pukul 03.15 dini hari tadi, penanganan longsoran di petak jalan antara Stasiun Karanggandul-Stasiun Karangsari membuat jalur hilir petak jalan tersebut sudah bisa dilalui kereta api.

Polresta Banyumas Ringkus 11 Pelaku  Judi Online, Kedoknya Main Game

Hal itu juga membuat operasional perjalanan kereta yang ada di Daop 4 Semarang sudah normal kembali.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, mulai hari ini, Selasa (5/12/23), rekayasa pola operasi KA dengan sistem KA memutar sudah tidak lagi dilakukan.

Nana Sudjana Berkomitmen Selesaikan Dampak Krisis Iklim di Jateng

"Sudah Bisa dilalui, normal kembali. Adapun selama rekayasa pola operasi kemarin, terdapat 38 KA lintas selatan yang memutar dan melintasi Daop 4 Semarang," jelas Franoto, Selasa (5/12/23).

Pihaknya memyampaikan maaf atas ketidaknyamanan penumpang KA selama di lakukan rekayasa pola operasi KA.

Libur Idul Adha, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 98 Ribu Kursi ke Berbagai Kota Tujuan

Sebelumnya diberitakan, hujan deras di wilayah Banyumas Jawa Tengah mengakibatkan longsor yang menimbun rel kereta api di petak jalan Karanggandul - Karangsari, Kabupaten Banyumas. Hal itu membuat perjalanan kereta api terganggu dan dilakukan rekayasa oleh PT KAI. Rekayasa pola operasi dilakukan antara lain untuk KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto rute dari maupun ke Purwokerto untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan perjalanan KA. Di wilayah Daop 4 Semarang, ada beberapa KA yang harus dibatalkan perjalanannya, dan beberapa KA juga dilakukan rekayasa pola operasi.

KA yang dibatalkan perjalannya meliputi KA 158 Kamandaka relasi Cilacap - Semarang Tawang, yang harusnya berangkat dari Stasiun Cilacap pukul 05.00 WIB, dan KA 155 Kamandaka relasi Semarang Tawang - Bumiayu yang harusnya berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 09.22 WIB. Selain itu Daop 4 Semarang juga melakukan pemangkasan relasi untuk KA 161 Joglosemarkerto yang seharusnya beroperasi dengan relasi Semarang Tawang - Tegal - Purwokerto, menjadi hanya sampai dengan Tegal saja.

Halaman Selanjutnya
img_title