Kemensos Gelontor Bansos Rp 5,8 Triliun untuk Jawa Tengah

Penyerahan bantuan sosial Rp 5,8T untuk Jateng.
Sumber :
  • Dok

Semarang – Provinsi Jawa Tengah menerima anggaran dari Kementerian Sosial senilai Rp5,8 triliun untuk program bantuan sosial di wilayahnya. Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI di Kantor Gubernur Jateng, Rabu, 6 Desember 2023.

Piala AFF U-16 Sukses, Nana Sudjana: Ini Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Nana Sujana mengungkapkan, anggaran tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Jawa Tengah, yang akan disalurkan untuk penanganan masalah sosial di Jawa Tengah.

"Pembangunan bidang sosial di Jawa Tengah selaras dengan program prioritas pada penuntasan pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan angka pengangguran, dan stunting," jelas Nana.

Dukung Jawa Tengah sebagai Penumpu Pangan dan Industri Nasional, BI Jateng Gelar Forum PUSAKA Jateng

Anggaran Rp 5 Triliun itu terbagi menjadi sejumlah program bantuan sosial,  meliputi  Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp4,6 triliun, program  bantuan sembako Rp1,2 triliun, dan ATENSI melalui Sentra Kartini Rp112 juta.

Selain itu, juga untuk Program YAPI Rp913,4 juta, Program PENA Rp84,7 juta, santunan ahli waris korban bencana sosial dan non qlam Rp30 juta, bantuan jearifan lokal Rp50 juta, bantuan permakanan lansia Rp540,7 juta, dan bantuan permakanan disabilitas Rp 536,7 juta.

Kota Semarang Kendalikan Angka Inflasi di Bulan Juni

"Ada dua indikator kinerja utama pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Jawa Tengah pada 2023. Meliputi  target penurunan jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebesar 2,37 persen pada 2023 dan target persentase potensi dan sumber kesejahteraan sosial sebesar 34,38 persen pada 2023," rinci Nana.

Ia menambahkan, realisasi indikator penurunan jumlah PMKS sampai dengan triwulan III 2023 sebesar 7,93% atau sebanyak 333,87 orang.

Halaman Selanjutnya
img_title