Janji Prabowo-Gibran Bikin Program Makan Siang dan Susu Gratis

Capres-Cawapres 2024 Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran, bertekad mewujudkan visi-misi "Bersama Indonesia Maju". Dalam dokumen program visi-misi Prabowo-Gibran tersebut terdapat 8 program unggulan dimana salah satunya keduanya berkomitmen untuk menjalankan program makan siang gratis dan susu gratis di sekolah dan pesantren serta memberikan bantuan gizi kepada balita dan ibu hamil.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

“Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil,” dikutip dari dokumen tersebut pada Minggu, 10 Desember 2023.

Salah satu tujuan dari program makan siang gratis yang digagas oleh Prabowo-Gibran adalah demi menyelesaikan masalah stunting di Indonesia. Keduanya mengakui bahwa stunting adalah masalah konkret yang mendesak dan harus segera ditangani secara menyeluruh oleh pemerintah untuk memastikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan kehidupan yang optimal.

Sidang Perdana Gugatan Pilpres, Ini Pidato Ganjar di Depan Sidang MK

Upaya untuk menangani hal ini akan dilakukan dengan memberikan makan siang secara rutin kepada anak pra-sekolah, siswa SD, SMP, SMA, dan pesantren. Bantuan gizi juga akan diberikan kepada ibu hamil dan balita di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan mendukung keuangan keluarga.

Untuk merealisasikan program tersebut, Prabowo pernah menegaskan tekadnya untuk menerapkan program tersebut kepada relawan Relawan Pedagang Indonesia Maju (RAPIM). Relawan RAPIM baru-baru ini mendeklarasikan dukungan mereka untuk pasangan calon Prabowo-Gibran di Djakarta Theater, Jakarta, pada Jumat (8/12/2023).

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Masuk APBN 2025, Tuai Kritikan Mahfud MD

"Dalam kondisi di mana Prabowo-Gibran mendapat mandat dari rakyat untuk menjadi presiden dan calon presiden, bersama tim kami, kami akan melaksanakan pemberian makan siang dan susu untuk semua anak Indonesia, termasuk yang masih dalam kandungan ibunya," tegas Prabowo, Sabtu (9/12/2023).

Selain itu, Menteri Pertahanan Era Presiden Joko Widodo itu menyatakan bahwa program pemberian makan siang gratis adalah salah satu saran dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada semua negara di dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title