Mengenal Oei Hui Lan, Wanita Semarang yang Pernah Jadi Istri Presiden China

Oei Hui Lan, Wanita Semarang yang Pernah Jadi Istri Presiden China.
Sumber :
  • Kolasewikipedia

Viva Semarang – Mengenal Oei Hui Lan, Wanita Semarang yang Pernah Jadi Istri Presiden China Adalah Oei Tiong Ham, seorang saudagar kaya raya di Semarang. Pria terkaya di Asia Tenggara pada jamannya itu, menikah dengan Goei Bing Nio dan punya putri nan cantik bernama Oei Hui Lan.

Lezatnya Durian Monti Semarang,  Berdaging Tebal, Manis Legit dan Berwarna Mentega

Melansir dari Viva, sosok Oei Hui Lan ini menjadi sangat fenomenal karena kemudian menikah Wellington Koo, seorang politisi yang sempat menjadi Presiden China menggantikan Sun Yat Sen yang wafat pada tahun 1926.

Oei Hui Lan lahir di Semarang pada tahun 21 Desember 1889. Ia dibesarkan di tengah keluarga yang serba kecukupan bahkan sangat mewah.

Cek Lokasi Curug Panglebur Gongso, Air Terjun Tempat Bertapa Kumbokarno

Orang tuanya adalah pasangan bangsawan, raja gula dan konglomerat waktu itu, yaitu Oei Tiong Ham dan Goei Bing Nio. Hartanya mencapai 200 juta gulden, setara dengan Rp44 triliun. Angka yang sangat fantastis apalagi di jaman itu.

Oei Hui Lan tinggal di rumah mewah Oei Tiong Ham yang bak istana seluas 80 hektar. Saat ini rumah itu masih berdiri dan terawat sangat baik. Lokasinya di Jalan Kyai Saleh, belakang Kantor Gubernur Jawa Tengah yang juga berada di eks lahan Oei Tiong Ham. Rumah Oei Tiong Ham sekarang dipakai untuk kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Semarang.

Siap-siap, Pemprov Jateng Bakal Gelontor Pasar Murah Untuk Tekan Kenaikan Harga Beras

Menjadi anak orang kaya yang hartanya melimpah ruah, Oei Hui Lan sangat dimanja. Hari ulang tahunnya dirayakan besar-besaran dengan mengundang kolega dan rekan bisnis ayahnya, serta bangsawan lainnya di Semarang.

Dalam memoarnya, Oei Hui Lan menceritakan bahwa ayah menginginkan pesta ulang tahunya menjadi sangat istimewa dan tentu saja menghabiskan banyak uang yang bagi orangtuanya tidaklah masalah. Ia juga sering diajak orangtuanya ke luar negeri. Saat dewasa, Oei Hui Lan juga bisa leluasa pelesiran hingga mancanegara, tentu dengan didampingi para pengawal.

Halaman Selanjutnya
img_title