Tak Hanya Bromo, Gunung Merbabu Juga Terbakar

Merbabu saat kebakaran 2019 lalu.
Sumber :
  • Tangkapan layar IG @wafix_

Semarang

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

Kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu - Merapi (TNGM) terbakar sejak Kamis (21/9/2023). Info terkini pada Jumat (22/9/2023), api sudah mulai bisa diatasi meski asap masih terlihat mengepul.

Area yang terbakar berada di wilayah Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, atau di sisi timur Gunung Merbabu. Melansir tvonenews.com, berdasarkan info dari BPBD Kabupaten Boyolali, kebakaran terlihat pada Kamis sore sekitar jam 15.00 WIB. Warga sekitar lokasi yang melihat titik api, kemudian melapor ke Basecamp Rempala di Desa Ngagrong yang diteruskan ke BPBD Boyolali.

Nelayan Tenggelam Saat Buru Kepiting di Laut Rembang, Masih Dicari Tim SAR, Ini Identitasnya

"Kami dari BPBD Kabupaten Boyolali beserta rekan-rekan menyiapkan logistik seperlunya untuk kepentingan personil yang sejak tadi berupaya melakukan pemadaman," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Suratno, Kamis (21/9/2023) malam.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil rapat BPBD bersama Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), TNI, Polri, dan relawan, upaya pemadaman untuk malam hari dihentikan sementara dan dilanjutkan pada Jumat pagi.

Wah Kekayaan Daerah Jateng Naik Rp658,01 Miliar

"Sampai Kamis malam hari ini api masih menyala di titik-titik tertentu. Kita berdoa saja agar kebakaran di lereng Gunung Merbabu ini segera padam," jelasnya.

Data di BPBD Boyolali, kebakaran hutan telah mencapai seluas 5 hektar. Dari pantauan terkini pada Jumat siang, terpantau titik api tidak sebesar hari sebelumnya dan mulai bisa dipadamkan. (TJ).