Hujan Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan, Ini 7 Tips Agar Aman Berkendara Saat Cuaca Hujan

Cuaca hujan di Semarang Jawa Tengah.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Kepolisian memberikan tips berkendara aman saat hujan. Sebagaimana diketahui, hujan menyebabkan jalanan menjadi licin. Akibatnya, hujan sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain bikin jalan licin, hujan deras juga menyebabkan pandangan pengemudi menjadi kabur dan kondisi jalanan kurang bersahabat untuk memacu kendaraan. 

Nana Sudjana Dianugerahi Dharma Karya Kencana, Komitmen Ini Penyebabnya

"Di jalan tol, genangan air yang timbul akibat guyuran hujan sering membuat mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi tergelincir dan berujung pada kecelakaan lalu lintas," jelas Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Semarang, Selasa (5/3/24). 

Maka ia meminta dalam Operasi Keselamatan lalu lintas candi 2024, masyarakat lebih disiplin menaati peraturan lalu lintas agar angka kecelakaan dapat turun. Selain itu l masyarakat diminta untuk tidak memaksakan berkendara terlebih pengendara sepeda motor saat hujan deras. 

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

"Ada baiknya berteduh, terdapat sejumlah faktor yang mengganggu kenyamanan berkendara seperti jalan yang licin maupun guyuran hujan yang cukup mengganggu pengendara. Mesin kendaraan juga bisa mati apabila kemasukan air," imbaunya. 

Berikut adalah 7 tips yang bisa dilakukan saat terjadi hujan deras di jalan, seperyi disampaikan Polda Jawa Tengah.

Nelayan Tenggelam Saat Buru Kepiting di Laut Rembang, Masih Dicari Tim SAR, Ini Identitasnya

1. Kurangi Kecepatan: Tips berkendara saat hujan deras yang pertama adalah jangan mengendarai dengan kecepatan tinggi saat cuaca buruk. Adanya genangan air di jalanan akan meningkatkan risiko terjadi aquaplaning atau hilangnya cengkraman ban pada jalur yang dilewati. Curah hujan yang lebat seringkali memperburuk visibilitas dan juga jarak pandang pengemudi. Mengurangi kecepatan saat hujan deras mampu membantu Anda dalam melihat situasi sekitar, sehingga bisa lebih berhati-hati memilih lajur dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dilansir melalui beberapa sumber, kecepatan aman pada cuaca buruk adalah 50-60 km/jam. 

2. Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain: Hal berikutnya yang wajib dilakukan saat hujan deras adalah jaga jarak dengan kendaraan yang ada di sekitar Anda. Dengan Anda menurunkan kecepatan mobil, tentu akan sangat efektif untuk menjaga jarak aman antar mobil. Jarak aman mobil saat hujan deras adalah jarak yang cukup memberi ruang untuk berhenti jika terjadi kecelakaan di depan Anda. Cobalah untuk menjaga jarak setidaknya 6-8 detik  dari kendaraan di depan Anda untuk memberikan ruang yang cukup untuk reaksi dan mengurangi risiko kecelakaan.  Jangan ragu untuk mengubah jarak jika situasi memerlukannya, seperti jika terdapat genangan air yang dalam atau jika kondisi jalan berubah. Tips berkendara saat hujan ini cukup efektif untuk membantu pengemudi terhindar dari kecelakaan lalu lintas. 

Halaman Selanjutnya
img_title