Prospek Cuaca Ekstrim di Wilayah Jawa Tengah 6 Hingga 8 Maret 2024, Ini Wilayah yang Hujan Lebat

Hujan guyur Kota Semarang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi di wilayah Jawa Tengah. Prospek ini berlaku selama 3 hari terhitung dari 6 Maret hingga 8 Maret 2024.

Nana Sudjana Dianugerahi Dharma Karya Kencana, Komitmen Ini Penyebabnya

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo menjelaskan, aktifnya MJO diwilayah Indonesia dan aktivitas Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jawa Tengah.

Kemudian, daerah konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jawa Tengah. Serta labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

"Kondisi diatas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah selama periode 6 Maret 2024 hingga 8 Maret 2024," jelas Yoga Sambodo, Rabu (6/3/24).

Berikut wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem tersebut.

Nelayan Tenggelam Saat Buru Kepiting di Laut Rembang, Masih Dicari Tim SAR, Ini Identitasnya

Tanggal 6 Maret 2024

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Kab. Semarang, Salatiga, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes dan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title