Musim Kemarau Tiba, Pemprov Jateng Mulai Antisipasi Kekeringan

Sekda Pemprov Jateng Sumarno jelaskan antisipasi kekeringan di Jateng.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa daerah di  Jateng mulai memasuki musim kemarau pada Mei 2024. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai mengantisipasi dampak kekeringan yang berpotensi terjadi pada musim kemarau tahun 2024.

Ribuan Atlet Tenis Meja Ramaikan Specta Jateng Pingpong 2024

"Untuk kesiapan daerah-daerah kekurangan air, kita sudah koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya memenuhi kebutuhan air di musim kemarau," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno setelah menghadiri rapat paripjrna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Semarang, Senin, 6 Mei 2024.

Sumarno menambahkan, musim kemarau berpotensi terjadi kekeringan, kekurangan air bersih, hingga berdampak terhadap pola tanam di sektor pertanian. Meskipun demikian, ia optimis target produksi pangan Jateng akan tercapai. Apalagi, Jateng dijadikan sebagai penumpu pangan nasional.

Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini Jumat 17 Mei 2024, Waspada Suhu Panas di Siang Hari

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama, terlebih Jateng menjadi penopang pangan nasional. Sehingga semua harus benar-benar menyiapkan untuk menjaga produksi pangan kita," ungkapnya.

Sumarno mengaku, mendapat masukan dari para petani kaitannya dengan masalah distribusi pupuk, waktu tanam, dan sebagainya.

Pemprov Jateng Kirim Empat Pelajar untuk Calon Paskibraka Nasional

"Alhamdulilah dari pusat sudah ada alokasi pupuk untuk Jateng dan sudah kita tindaklanjuti alokasinya," kata Sumarno.