Cara Bikin Cilok yang Enak dan Tidak Lengket di Gigi, Coba Pakai Adonan Tepung Ini

Kuliner cilok atau aci dicolok.
Sumber :
  • Istimewa

Viva Semarang, Kuliner Cilok atau atau aci dicolok kini menjadi camilan sejuta umat. Hampir semua daerah bertebaran abang-abang penjual cilok pakai motor yang menjajakan cilok dengan cara keliling. Ada juga yang membuka khusus kedai cilok, terutama di tempat-tempat wisata.

Resep Jitu Bikin Bakmi Jawa Semarang Agar Persis di Warung Aslinya, Kuncinya di Kecap Ini

Camilan cilok awal mulanya dari Bandung. Saat itu ada yang menjual makanan mirip bakso tapi tidak memakai daging, tapi diberi kaldu supaya ada aroma dan rasa dagingnya. 

Karena terbuat dari aci tanpa daging, maka cilok jauh lebih murah. Menyajikannya juga tanpa kuah, tapi diberi sambal kacang dan kecap. Lalu dicolok pakai tusuk gigi atau lidi bambu, dan dimakan. 

Trik Jitu Bikin Tempe Goreng Garing Ala Warung Soto Semarang, Dijamin Kriuk Kemripik

Meski lebih kenyal dan lengket. Tapi karena enak dan mudah dimakan saat jajan, maka cilok pun mulai dijual di daerah lain, sehingga mudah ditemui di mana-mana.

Nah, ciri khas cilok karena terbuat dari aci atau tepung tapioka, maka teksturnya sangat kental dan lengket di gigi saat dikunyah. Bagi sebagian orang tekstur ini tak begitu disuka karena butuh "perjuangan" untuk memakannya.

Tips Bikin Tepung Ayam Goreng Bisa Kriuk dan Berbongkah-bongkah, Rahasianya Ada di Sini

Kemudian ada juga yang mulai melakukan modifikasi agar cilok tidak begitu kenyal.

Nah, jika ingin menyantap cilok tanpa jajan, bisa kok membuat di rumah. Kalian bisa memodifikasi cilok sehingga tetap kenyal tapi tidak lengket di gigi. Rahasianya, ada di adonan tepung, yaitu tidak semuanya memakai tapioka. Tapi dicampur dengan tepung terigu.

Halaman Selanjutnya
img_title