Survei Terbaru Poltracking: Prabowo-Gibran Unggul Atas Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang Viva – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjelang pemilu 2024. Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul atas dua kompetitornya dengan angka elektabilitas 45,2 persen.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

Untuk pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh angka elektabilitas 27,3 persen, masih Unggul dibanding pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang hasil survey ada di angka 23,1 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda dalam paparannya secara daring, Senin, 11 Desember 2023 mengungkapkan, dibanding hasil survei sebelumnya, tren elektabilitas pasangan Anies-Cak Imin cenderung stagnan.

Sidang Perdana Gugatan Pilpres, Ini Pidato Ganjar di Depan Sidang MK

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran mengalami kenaikan. Kemudian pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD cenderung turun.

"Elektabilitas pasangan capres-cawapres ini tidak jauh berbeda dengan tren simulasi calon presiden tunggal," jelasnya.

Resmi! Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan Hasil Pilpres ke Mahkamah Konstitusi

Ia menambahkan, Anies Baswedan yang mengalami fluktuatif yang sempat naik di akhir 2022, dan turun pada pertengahan 2023, kembali naik pada September 2023, dan kini mengalami sedikit penurunan dari November ke Desember 2023 sebesar (1,3 persen).

Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto yang mengalami penurunan pada awal tahun 2023, setelah itu. Prabowo terus mengalami kenaikan. Sedangkan Ganjar Pranowo yang sempat turun di pertengahan tahun 2023, kembali naik di Juli dan September 2023, dan kembali mengalami penurunan. Penurunan Ganjar Pranowo dari November ke Desember 2023 (2,8 persen).

Halaman Selanjutnya
img_title