Mengenal Pentingnya Greenflation yang Disebut Mahfud MD Pertanyaan Recehan

Debat Cawapres Pilpres 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Viva SemarangDebat Cawapres sesi 2 berlangsung pada malam Minggu, tanggal 20 Januari 2024 malam. Debat berjalan seru dengan masing-masing cawapres melontarkan gagasan dan kritikan. Ada banyak momen yang meramaikan debat.

Menang Pilpres, Prabowo Subianto : Saatnya Bersatu dan Bekerja Untuk Rakyat

Salah satunya saat cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada cawapres 03 Mahfud MD terkait greenflation atau inflasi hijau.

Moderator sempat meminta Gibran untuk memperjelas istilah yang disampaikan sehingga pertanyaannya bisa dicerna. Mahfud MD pun menilai pertanyaan Gibran sebagai tebak-tebakan recehan dan tak perlu dijawab.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

Lalu apa itu greenflation yang kini menjadi istilah yang viral pasca debat.

Menurut laman COBS Insights yang dikutip pada Senin (22/12024), inflasi hijau merujuk pada peningkatan harga barang dan jasa sebagai akibat dari peralihan ekonomi saat ini menuju ekonomi yang lebih ramah lingkungan atau ekonomi net-zero.

Besok Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi

Fenomena inflasi hijau ini muncul ketika banyak negara, termasuk pemerintah dan sektor bisnis, mulai menerapkan teknologi yang berkelanjutan, khususnya dalam konteks ekonomi hijau secara umum. Inflasi hijau ini kemungkinan besar akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang seiring dengan upaya global untuk memenuhi komitmen terhadap perlindungan lingkungan.

Salah satu aspek yang memengaruhi inflasi hijau adalah kebutuhan akan logam dasar dan mineral tertentu yang digunakan dalam teknologi ramah lingkungan. Contohnya adalah logam seperti tembaga, litium, dan kobalt. Permintaan akan logam-logam ini dalam teknologi berkelanjutan jauh lebih besar dibandingkan dengan teknologi yang tidak ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title