Turis Asal Amerika Serikat Dievakuasi Tim SAR dari Kapal Pesiar di Tengah Laut Semarang

Tim SAR evakuasi turis AS di Laut Semarang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / SAR Semarang

Viva Semarang – Tim SAR gabungan Basarnas Semarang mengevakuasi seorang turis wanita dari Kapal Pesiar Viking Cruises, pada Sabtu (2/3/24) tengah malam. Turis asal AS tersebut diangkut kapal KN SAR milik Basarnas dari tengah laut menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Tim SAR Temukan Warga Wonosobo yang Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara

Kepala Basarnas Semarang, Budiono mengungkapkan, survivor bernama Caldwell Besair Pearl (70), penumpang dari kapal pesiar Viking Cruises. Kapal tersebut mengangkut wisatawan dari berbagai negara yang sebelumnya melakukan kegiatan wisata di Kota Semarang dan akan melanjutkan perjalanan menuju ke Ho Chi Minh City Vietnam.

"Tapi saat kapal sampai di tengah laut pada posisi 35 NM atau 64,82 KM dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, salah satu penumpang yaitu Caldwell Besair Pearl, mengalami serangan stroke," jelas Kepala Basarnas Semarang, Budiono, Minggu (3/2/24).

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

Basarnas Semarang, lanjutnya, menerima info kejadian tersebut dari agen kapal pada pukul 21.40 WIB, dan segera mengirimkan bantuan medical evacuation menuju Viking Cruises dengan kapal KN SAR Sadewa untuk melakukan evakuasi.

KN SAR Sadewa memotong jalur di 10 NM agar lebih cepat dalam penjemputan. Di kapal itu, tim Basarnas bersama dengan tim dari Polairud, KKP (Karantina dan Kesehatan Pelabuhan), KSOP,  SROP dan juga perwakilan agen kapal.

Tercebur Sumur, Dua Kakak Beradik Teriak Minta Tolong, Lokasi Magelang

Saat itu kapal pesiar Viking Cruiser sedang kembali ke arah Semarang dan berjumpa dengan KN SAR Sadewa di titik jarak 10 Nautical Mile untuk proses transfer perpindahan survivor. KN SAR Sadewa kemudian membawa survisor dan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas pada pukul 00.00 dinihari. Selanjutnya survivor dibawa ke rumah sakit Columbia Asia Kalibanteng Semarang dengan menggunakan ambulans milik rumah sakit tersebut.

"Dibawa oleh Ambulan Columbia Asia untuk dibawa RS Columbia Asia untuk penanganan lebih lanjut," ungkapnya.(TJ)