Kepala BNPB Apresiasi RSI Sultan Agung Semarang yang Mampu Mitigasi Bencana Saat Direndam Banjir

Kepala BNPB saat meninjau RSI Sultan Agung Semarang.
Sumber :
  • Istimewa

SemarangBanjir di Kota Semarang tak hanya merendam pemukiman warga. Tapi juga fasilitas lain seperti sekolah hingga rumah sakit.

Antisipasi Banjir, Pemkot Semarang Rutin Bersihkan Saluran dan Sungai

Salah satu yang terdampak adalah Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang yang berlokasi di Jalan Kaligawe. Rumah sakit ini berada di kawasan terdampak banjir cukup besar. Air banjir bahkan masuk ke dalam area rumah sakit yang menyebabkan aktifitas pelayanan kesehatan terganggu.

Direktur Utama RSI-SA Semarang, Prof. Dr. dr. Agung Putra, M.Si., Med menyampaikan pihak rumah sakit telah melakukan berbagai upaya mitigasi dan evakuasi penanggulangan bencana banjir.

Jembatan Nogososro Dibangun Mulai Pekan Depan, Atasi Banjir di Wilayah Tlogosari dan Muktiharjo

Hal itu disampaikan Prof Agung saat menerima Kepala BNPB Letjen Suharyanto yang meninjau RSI Sultan Agung.

Melalui humas rumah sakit yang dihubungi Viva, Prof Agung mengungkapkan bahwa dari lima gedung, tiga gedung terdampak banjir. Genangan air di jalan raya sangat tinggi, sehingga akses keluar masuk tenaga kesehatan, dokter , pasien menjadi sulit.

Pemkot Semarang Implementasikan Hasil Penelitian BRIN, Terapkan Alat Pendeteksi Banjir dan Longsor

"Manajemen rumah sakit telah melakukan pengamanan dokumen dan alat medis, yang semula berada di lantai satu kemudian dipindahkan ke lantai dua," jelas Prof Agung, Rabu (20/3/24).

Untuk kemudahan transportasi manajemen RSI-SA telah bekerjasama dengan TNI untuk mensupport bantuan armada antar jemput pasien, penunggu pasien dan karyawan.

Halaman Selanjutnya
img_title